TIPS SEBELUM MEMBERIKAN MATERI TEKS DESKRIPSI



TIPS SEBELUM MEMBERIKAN MATERI TEKS DESKRIPSI


Selamat pagi sahabat bahasa…
Seperti yang kita ketahui bahwa teks deskripsi adalah jenis teks yang menggambarkan sesuatu atau pelukisan sesuatu dengan menggunakan media kata-kata. Ini sama halnya dengan seorang pelukis yang menggambarkan karya seninya dengan media kanvas dan warna serta bentuk.
Pada teks deskkripsi untuk penggelut dunia bahasa atau pendidik untuk bahasa atau bahkan penulis yang mampu menggunakan media kata-kata untuk menggambarkan sesuatu. Senjata kita adalah pena atau spidol dan tentunya kreativitas dalam menyusun kata-kata yang bias diterima secara audio dan visual oleh pikiran sesorang yang akan mendatangkan imaji sungguhan.
Sebelum kita memulai pembelajaran teks deskripsi ada baiknya kita sedikit memberikan gambaran umum sebelum masuk pada bagian inti pelajaran teks deskripsi, yang secara umum disebut dengan apersepsi.
Tips dan trik yang bisa digunakan cukup sederhana dan mudah untuk dilakukan. Bahkan bias menjadi salah satu metode untuk memberikan pembelajaran. Langsung simak saja di bawah ini!

Tips sebelum memberikan materi teks deskripsi

1. Penggunaan media gambar

Media gambar adalah salah satu bentuk visual yang bisa ditampilkan atau diperlihatkan kepada para peserta didik, kemudian sebagai seorang pendidik kita bisa mengajukan pada perserta didik tentang gambar apa yang mereka lihat hingga bagian terkecil dari gambar itu. Sejatinya itu adalah sebuah bentuk deskripsi secara singkat yang belum berurutan tapi tetap saja itu disebut dengan mendeskripsikan.

2. Penggunaan media puisi

Sesuai dengan kurikulum 2013 yang sudah direvisi oleh pemerintah setiap materi atau bab yang ada pada teks selau diawali dengan sebuah puisi. Puisi adalah salah satu sarana yang biasa digunakan untuk menggambarkan sebuah pandangan, perasaan, keadaan, atau suasana. Sebagai contoh perhatikan puisi di bawah ini!
Rayuan Pulau Kelapa
Tanah airku Indonesia
Negeri elok amat kucinta
Tanah tumpah darahku yang mulia
Yang kupuja sepanjang masa
Tanah airku aman dan makmur
Pulau kelapa yang amat subur
Pulau melati pujaan bangsa
Sejak dulu kala
Reff
Melambai-lambai
Nyiur di pantai
Berbisik-bisik
Raja Kelana
Memuja pulau
Nan indah permai
Tanah Airku
Indonesia
Ismail Marzuki

Pelajari juga : 6 contoh teks deskripsi SMP/MTs revisi

Kemudian kita bisa mengajukan pertanyaan pada siswa.
A. Keindahan apa saja yang dideskripsikan Ismail Marzuki melalui lagunya? Berikan alasan pendapatmu.
B. Kata-kata apa saja yang menunjukkan bahwa lagu di atas mendeskripsikan keindahan Indonesia?
Tidak hanya puisi ismail marzuki, kita bisa menggunakan puisi yang kita buat sendiri atau meminta siswa untuk membuat puisi yang menggambarkan keindahan alam sekitarnya.

3. Contoh langsung melalui benda sekitar kelas

Untuk yang ketiga ini relatif mudah untuk dilakukan karena kita bisa menggunakan benda apapun yang kita temui atau terlihat langsung disekitar kelas. Sebut saja meja atau bangku atau bahkan spidol. Contoh deskripsi spidol, spidol berbentuk panjang sekitar 6 cm, penutupnya berwarna hitam, gagangnya berwarna putih, tintanya berwarna hitam.

4. Gabungan ketiga tips 


Selain dapat memilih salah satu tips di atas, kita juga bisa mengombinasikan ketiga tips di atas dan hasilnya akan sangat memuaskan dan luar biasa tanggapan atau respon dari peserta didik.
Sebagai guru bahasa Indonesia saya pernah mempraktekkannya. Sehingga tau betul kondisi dan suasan yang terjadi di dalam kelas. Silahkan giliran anda.

Semoga kita tetap semangat dalam memberikan materi pelajaran bahasa Indonesia sebagai bentuk cinta adan nasionalisme terhadap bahasa Indonesia.
Tunggu tips lain untuk materi yang lainnya…
Salam kangaryagading.


EmoticonEmoticon